0S3d5zLbo07wzSes8mCOCYtdrGvF6lw61q5ubEAM
Bookmark
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

(Download PDF) Sholat dan Puasa Nisfu Syaban Lengkap Arab Latin dan Artinya

Tata Cara Sholat dan Puasa Nisfu Syaban Lengkap Arab Latin dan Artinya
Tata Cara Sholat dan Puasa Nisfu Syaban

Malam Nisfu Sya'ban diperingati setiap tanggal 15 di Bulan Sya'ban. Umat muslim selayaknya menyambut dengan berbagai ibadah dan amalan agar mendapatkan berkah Nisfu Syaban yang istimewa dan memiliki keutamaan.

Malam Nisfu Syaban merupakan satu dari lima malam yang utama selain malam Lailatul Qodar, Idul Fitri, Idul Adha, malam Jumat, dan malam awal bulan Rojab.

Dalam Al-Siraj Al-Wahhaj disebutkan bahwa umat muslim disunahkan untuk menghidupkan dua malam hari raya dengan beribadah dan berdoa, pada malam Jumat, awal bulan Rojab dan Nisfu Sya'ban maka doa-doanya akan diterima.

Pengertian Nisfu Syaban

Secara arti, Nisfu artinya pertengahan atau seperdua atau setengah, sehingga nisfu Syaban berarti pertengahan bulan Syaban. Sekitar waktu tersebut ada momen khusus yang umat Islam ketahui punya keistimewaan, yakni pada malam nisfu Syaban. Tepatnya malam tanggal 15 Syaban.

Keutamaan dalam bulan Syaban ini juga karena menjadi bulan menjelang Romadhon. Sehingga umat Islam diharapkan bisa mulai mempersiapkan diri menyambut bulan termulia dengan penuh suka cita dan hati yang berharap keridaan Alloh SWT.

Mengutip laman Kemenag RI, pada malam Nisfu Syaban buku catatan perjalanan hidup manusia selama setahun akan ditutup. Kemudian catatan tersebut dinaikkan ke hadapan Alloh SWT.

Imam Al-Ghazali menyebutkan malam Nisfu Syaban ini sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan). Karena itu umat islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sholat Nisfu Syaban

Sholat Sunnah Nisfu Syaban adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam ke-15 di bulan Syaban. Shalat Nisfu Syaban ini bisa dilakukan sendiri atau secara berjamaah.

Bagi umat muslim yang akan melaksanakan sholat Nisfu Syaban, tentu sebelumnya harus mengucap niat terlebih dahulu. Karena dalam aturan Islam, segala perbuatan diawali dengan niat.

Niat sholat Nisfu Syaban ini penting agar umat muslim mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT karena melaksanakannya.

Adapun bacaan niat untuk melaksanakan sholat nisfu syaban lengkap arab latin dan artinya adalah sebagai berikut.

Niat sholat nisfu syaban sebagai imam

أُصَلِّي سُنَّةَ لَيْلَةَ نِصْفِ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى، اللهُ أَكْبَرُ

Usholli Sunnata Lailata Nishfi Sya'baana Rokngataini Imaamal Lillaahi Tangala, Alloohu Akbar.

Aku niat sholat sunah malam nisfu sya'ban dua rokaat sebagai imam karena Alloh Ta'ala. Allahu Akbar.

Niat Sholat Nisfu Syaban sebagai makmum

أُصَلِّي سُنَّةَ لَيْلَةَ نِصْفِ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُومًا لِلَّهِ تَعَالَى، اللهُ أَكْبَرُ

Usholli Sunnata Lailata Nishfi Sya'baana Rokngataini Ma'muumal Lillaahi Tangala, Alloohu Akbar.

"Aku niat sholat sunah malam nisfu sya'ban dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta'ala. Allahu Akbar."

Niat Sholat Nisfu Syaban sendiri di rumah

أُصَلِّي سُنَّةَ لَيْلَةَ نِصْفِ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى، اللهُ أَكْبَرُ

Usholli Sunnata Lailata Nishfi Sya'baana Rokngataini Lillaahi Tangala, Alloohu Akbar.

"Aku niat sholat sunah nisfu sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allohu Akbar."

Panduan dan Tatacara Sholat Nisfu Syaban

Sholat Nisfu Sya'ban berjumlah 4 rakaat, dengan 2 kali salam.

Dirangkum dari NU Online, berikut ini tata cara sholat Nisfu Syaban.

  1. Membaca niat
  2. Melakukan takbirotul ihrom dan membaca doa Iftitah
  3. Pada rakaat pertama sesudah Al-fatihah membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 15 kali
  4. Rukuk
  5. I'tidal
  6. Sujud
  7. Duduk diantara dua sujud
  8. Sujud kedua
  9. Pada rakaat kedua sesudah Al-fatihah kembali membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 15 kali
  10. Rukuk
  11. I'tidal
  12. Sujud
  13. Duduk di antara dua sujud
  14. Sujud kedua
  15. Tahiyat akhir
  16. Salam.

Ada juga yang mengatakan bahwa jumlah rokaat untuk melaksanakan sholat nisfu syaban ini bisa sampai 100 rokaat dengan 50 kali salam. Namun jumlah tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Bacaan Doa Setelah Sholat Nisfu Syaban

Selanjutnya setelah selesai melaksanakan sholat, dianjurkan untuk membaca doa khusus malam nisfu syaban.

Sebelum membaca doa ini, alangkah lebih baik jika membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Setiap kali selesai membaca surat Yasin, dilanjutkan membaca doa di bawah ini sebanyak satu kali, sehingga bergantian Surat Yasin dan Doa Nisfu Syaban.

Berikut ini bacaan doa Nisfu Syaban yang bisa dibaca setelah sholat Maghrib pada malam Nisfu Syaban.

Adapun doa yang dianjurkan adalah sebagai berikut;

Doa Nisfu Syaban 1

Dikutip dari buku Surat Yasin dan Tahlil yang disusun oleh Muhammad Abdul Karim, berikut ini adalah doa yang dapat diamalkan di malam Nisfu Syaban lengkap arab latin dan artinya.

اللهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَاذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، يَاذَا الطَّوْلِ وَالْإِنْعَامِ لا إله إلا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاحِيْنَ وَجَارَالْمُسْتَحِيْرِيْنَ وَأَمَانَ الْخَائِفِينَ. اللَّهُمَّ إِنْكُنتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مَطْرُوْدًا أَوْ مُقْتَرا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ فَامْحُ. اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ أَثْبِتْنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ سَعِيدًا مَرْزُوقًا مُوَفِّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللَّهُ مَا شَاءَ وَيُثْبِتُوَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ إِلهِي بِالتَّحَلَّى الأَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانِ الْمُكَرَّمِ الَّتِي يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ وَيُبْرَمُ إِصْرِفْ عَنِّي مِنَ الْبَلَاءِ مَا أَعْلَمُ وَمَا لَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلامُ الْغُيُوبِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. آمِينَ

Allahumma yaa dzal manni walaa yamunnu 'alaika, yaa dzal jalaali wal ikroomi, yaa dzath thoouli wal in'aami laa ilaaha illaa anta zhohrol laajiina wa jaarol mustajiiriina wa amaanal khoo'ifiina. Allahumma inkunta katabtanii 'indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan au mahruuman au mathruudan au muqtarron 'alayya firrizqi famhu. Allahumma bifadhlika atsbitnii 'indaka fii ummil kitaabi sa'iidan marzuuqon muwaffaqon lilkhoirooti fa'innaka qulta waqoulukal haqqu fii kitaabikal munzali 'ala nabiyyikal mursali yamhullahu maa syaa'a wayutsbitu wa 'indahu ummul kitaabi ilaahii bittajallil a'zhomi fii lailatin nishfi min syahri sya'baanil mukarromil latii yufroqu fiihaa kullu amrin hakiimin wayubromu ishrif'annii minal balaa'I maa a'lamu wamaa laa a'lamu wa anta 'allamul ghuyuubi birohmatika yaa arhamar roohimiina, washollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi washohbihi wasallam. Aamiin.

"Ya Allah, Tuhanku pemilik nikmat, tiada yang bisa memberi nikmat kepada-Mu. Ya Allah, pemilik kebesaran dan kemuliaan, pemilik kekayaan dan pemberi nikmat, tiada Tuhan yang patut disembah melainkan Engkau. Engkaulah tempat bersandar dan berlindung dan kepadaMu-lah tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan. Ya Allah Ya Tuhanku, sekiranya Engkau menulis dalam buku besar-Mu (Ummul Kitab) bahwa orang yang tidak berbahagia, yang sangat terbatas mendapat nikmat, yang dijauhkan dari-Mu, atau yang disempitkan dalam mendapat rezeki, maka aku memohon dengan karunia-Mu, semoga Engkau pindahkan aku ke dalam golongan orang-orang yang berbahagia, luas rezeki, serta diberi petunjuk kepada kebajikan. Sesungguhnya Engkau telah berfirman dalam kitab-Mu yang diturunkan kepada Rasul-Mu bahwa firman-Mu benar, yang berbunyi 'Allah mengubah dan menetapkan apa yang dikehendaki-Nya dan pada-Nya sumber kitab.' Ya Allah, dengan tajalli-Mu yang Mahabesar, pada malam Nishfu Syaban yang mulia ini, Engkau tetapkan dan Engkau ubah sesuatunya, maka aku memohon semoga dijauhkan dari bencana, baik yang aku ketahui atau yang tidak aku ketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi. Aku selalu berharap limpahan rahmat-Mu, Ya Allah Yang Maha Pengasih, dan semoga sholawat Allah selalu dilimpahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya. Ya Allah, kabulkanlah doa kami."

Doa Nisfu Syaban 2

Selain doa di atas, kamu juga bisa mengamalkan doa di bawah ini :

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ

Allaahumma innaka 'afuwwung- kariimung-tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii. Allaahumma innii asalukal 'afwa wal 'aafiyata wal mu'aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat."

Amalan Malam Nisfu Syaban

Untuk mengisi malam Nisfu Syaban, umat muslim bisa melakukan berbagai amalan. Mengutip dari buku Keagungan Rajab & Syaban oleh Abdul Manan Bin Haji Muhammad Sobari, ada beberapa amalan yang bisa dilaksanakandi malam Nisfu Syaban mulia.

Sholat Maghrib Berjamaah

Mengawali amal dengan mendirikan sholat berjamaah Maghrib di tanggal 14 Syaban atau malam tanggal 15 Syaban. Setelahnya bisa dilanjut dengan dzikir setelah sholat fardhu.

Sholat Sunnah Baro'ah

Selesai berdzikir sholat Maghrib, dapat dilanjut dengan menunaikan sholat sunnah yang disebut Baro'ah sebanyak 100 rokaat. Pelaksanaan sholat ini dianjurkan bagi yang mampu dan mengerjakan semampunya. Boleh dilakukan dengan satu kali salam di tiap dua rokaatnya.

Baca : Panduan dan Tatacara Sholat Sunnah Baroah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Pada tiap rokaatnya pula membaca Surat Al-Ikhlas lima kali setelah melafalkan Surat Al-Fatihah. Setiap sujudnya dianjurkan membaca doa berikut setelah mengucapkan bacaan sujudnya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِقَابِكَ وَسَخَطِكَ وَلَا أَحْصِي عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا اَثْنَيَتْ عَلَى نَفْسِكَ فَلَكَ الْحَمْدُ حَتَّى تَرْضَى

Allahumma innii a'uudzubika min 'iqaabika wa sakhatika wa laa uhsii 'alaika anta kamaa atsnaita 'alaa nafzika fa lakal hamdu hattaa tardhaa

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu dan murka-Mu dan aku tidak menghitung-hitung pujian pada-Mu sebagaimana Engkau memuji kepada-Mu sendiri maka segala puji bag-iMu sehingga Engkau rela."

Membaca Doa Baro'ah

Doa ini dilafalkan setelah mendirikan sholat sunnah Baro'ah.

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَ اِسْمِي شَقِيًّا فِي دِيوَانِ الْأَشْقِيَاء فَامْهُ وَاكْتُبْنِي السُّعَدَاء وَإِِنْ كُنتَ اِسْمِي سَعِيدًا فِي دِيوَانِ السّعَدَاءِ فَاثْبِتْهُ فَإِنَّكَ قُلْتَ فِي كِتَابِكَ الكَرَيْمِ يَمْحُو اللهُ مَايَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِندَهُ أُمُّ الْكِتَابِ

Allahumma in kunta katabta ismii syaqiyyan fii diiwaanil asyqiyaa-i famhu waktubnii as-su'adaa-i wa in kunta ismii sa'iidan fii diiwaanis su'adaa-i fatsbithu fa innaka qulta fii kitaabikal kariimi yamhuu allaahu maa yasyaa-u wa yutsbit wa 'indahu ummul kitaabi

"Ya Allah, jika Engkau telah mencatat namaku orang yang sengsara di tempat orang-orang yang sengsara maka hapuskanlah dan catatlah namaku di tempat orang-orang yang berbahagia. Jika Engkau telah mencatat namaku sebagai orang yang bahagia pada catatan orang-orang yang bahagia, maka tetapkanlah. Maka sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam Kitab Mu yang dimuliakan: Allah menghapus apa-apa yang Dia kehendaki dan Allah menetapkan (apa-apa yang Dia kehendaki) dan di sisi-Nya ada kitab yang pokok."

Beristighfar

Memohon ampunan dosa dianjurkan pada malam nisfu Syaban dengan beristighfar. Adapun lafaz istghfar yang mudah dengan melafalkan:

أَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirulloohal ngadhziim

Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung.

Atau boleh dengan lafadz Sayyidul Istighfar berikut ini:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكُ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِن شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكِ َعَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فاَغْفِر لِيْ فَإِنهَّ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Alloohumma anta robbii, laa ilaaha illaa anta kholaqtanii. Wa anaa ngabduka, wa anaa ngalaa ngahdika wa wa'dika mastatho'tu. Anguudzu bika min syarri maa shona'tu. Abuu-u laka bini'matika ngalayya. Wa abuu-u bidzanbii. Faghfirlii. Fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

"Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau".

Membaca Sholawat Nabi

Memperbanyak sholawat nabi juga dianjurkan pada malam Nisfu Syaban. Bacaan sholawat paling mudahnya yakni:

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ

Alloohumma Sholli Ngala Sayyidina Muhammad

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada nabi kita Muhammad."

Bisa juga dengan lafadz sholawat lain yang kalian hafal, seperti Sholawat Ibrohimiyah, Sholawat Nariyah, Sholawat Munjiyat, Sholawat Syifa (Tibbil Qulub), Sholawat Fatih, dan jenis sholawat lainnya.

Membaca Surat Yasin 3 Kali

Amalan sholeh lain yang bisa dikerjakan yaitu membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali setelah sholat Maghrib. Setelah selesai sholat beserta do'anya, dianjurkan untuk membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali (3x) dengan niat sebagai berikut:

  1. Pada bacaan surat Yasin pertama diniatkan untuk memohon umur panjang yang semata-mata hanya beribadah kepada Allah SWT.
  2. Pada bacaan surat Yasin yang ke dua diniatkan untuk memohon rezeki yang banyak dan halal untuk bekal beribadah kepada Allah SWT.
  3. Pada bacaan Yasin yang ketiga diniatkan memohon keteguhan iman.

Puasa Nisfu Syaban

Selain melaksanakan sholat sunnah pada malam harinya, kita juga disunnahkan untuk berpuasa pada siang harinya, berdasarkan hadits berikut:

إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا ... (سنن ابن ماجه: ج١/ص٤٤٤، رقم: ١٣٨٨).

Ketika datang malam pertengahan dari Bulan Sya'ban maka dirikanlah (sholat sunnah) malamnya dan berpuasalah pada siang harinya.

Berikut ini Niat Puasa Nisfu Syaban

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ يَوْمِ نِصْفِ شَعْبَانَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالٰى

Download PDF

Tata Cara Sholat dan Puasa Nisfu Syaban.pdf 223 kb

Keutamaan Malam Nisfu Syaban

  1. Di malam Nisfu Syaban, Allah SWT akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya. Salah satu keutamaan malam Nisfu Syaban dijelaskan dalam sebuah hadits dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

    يَطَّلِعُ اللَّهُ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ (صحيح ابن حبان: ج ١٢ / ص ٤٨١، رقم: ٥٦٦٥)

    "Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan."

  2. Sedangkan Imam Ghazali mengartikan malam Nisfu Syaban sebagai malam penuh dengan syafaat atau pertolongan.

  3. Dijelaskan pula bahwa pada tanggal 13 Syaban Allah SWT memberikan sepertiga syafaat-Nya kepada hamba-Nya.

  4. Pada tanggal 14 Syaban Allah SWT akan memberikan syafaat secara penuh kepada Hamba-Nya.

  5. Kemudian pada malam 15 Syaban (Nisfu Syaban), seluruh umat Isam akan mendapatkan kebaikan, syafaat dan kemuliaan sebanyak-banyaknya, sebagai penutup catatan amal selama satu tahun.

  6. Pada malam tersebut semua amal akan di angkat ke langit untuk dihadapkan kepada Allah SWT.

Kisah Hikmah Malam Nisfu Syaban

Nabi Isa melihat batu besar di atas gunung yang bersinar, Nabi Isa heran kemudian dikelilinginya batu tersebut, ada suara tanpa rupa yang terngiang ditelinga Nabi Isa "Apakah kamu ingin melihat sesuatu yang lebih mengherankan?". "Ya, ingin". Jawab Nabi Isa.

Kemudian batu tersebut terbelah dan terlihat ada orang tua yang sedang melaksanakan sholat di dalam batu tersebut. Nabi Isa bertanya "Hai Syeh, sudah berapa lama Anda beribadah di dalam batu tersebut?". "Sudah 400 tahun". Jawab orang tersebut.

Nabi Isa minta petunjuk kepada Alloh, "Wahai Pangeranku, apakah Panjenengan Tuan menciptakan ciptaan yang lebih utama daripada orang ini?". "Wahai Isa, Umat Muhammad yang melksanakan Sholat Sunnah 4 raka'at di dalam malamnya Nisfu sya'ban dan siangnya berpuasa, itu lebih utama menurut-Ku daripada orang beribadah 400 tahun di dalam batu.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: (Download PDF) Sholat dan Puasa Nisfu Syaban Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Cara Berkomentar bagi yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih "Name/URL".
2. Isi nama Anda dan isi dengan alamat facebook Anda.
3. Klik "Lanjutkan".
4. Ketik komentar Anda.
5. Klik "Publish".
6. Centang "CAPTCHA" yang menyatakan bahwa Anda bukan robot.
7. Klik "Publish".